100-an Orang Kampanye Ratifikasi FCTC Bahaya Merokok di Bundaran HI

 

 

Jakarta – Seratusan orang menggelar aksi agar pemerintah meratifikasi Framework Convention On Tobacco Control (FCTC). Aksi tersebut juga sekaligus sebagai kampanye tentang bahaya merokok.

Pantauan detikcom, aksi yang dilakukan di kawasan Bundaran HI, Minggu (15/2/2015), dimulai pada pukul 09.00 WIB. Mayoritas peserta demo menggunakan atribut berwarna merah sambil memegang poster.

Menurut para peserta aksi, dengan tidak adanya FCTC atau kerengka kerja pengendalian tembakau, maka akan sulit mengurangi angka pecandu rokok di Indonesia. Ratifikasi FCTC juga dapat melindungi warga Indonesia dari bahaya penyakit akibat rokok.

Aksi tersebut digelar dengan cara melakukan longmarch dari Jalan Teluk Betung menuju ke Bundaran HI. Mereka membawa poster yang berisi kampanye untuk mengenal bahaya merokok. Selain itu, mereka juga mendirikan panggung sambil berkampanye soal ratifikasi FCTC.

Poster-poster tersebut juga bertuliskan ‘Sudah waktunya melek bahaya rokok’; ‘Rokok layak mahal, rakyat layak sehat’; ‘FCTC adalah solusi dari perlindungan bagi generasi masa depan Indonesia’.