Bantul, 27 Desember 2018, dr. Supriyatiningsih, Sp. OG., M. Kes dan team dari MTCC-UMY dibantu oleh dr. Theresia Sandra Diah Ratih, MHA selaku Kepala Subdit Penyakit Paru Kronik dan Gangguan Imunologi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia hadir dalam rapat kordinasi penerapan kawasan tanpa rokok di Kabupaten Bantul. Rapat pertemuan ini bertujuan dalam menciptakan dan mendorong pemerintah daerah Kabupaten Bantul dalam menerapkan dan melaksanakan Kawasan Tanpa Rokok.

Sebelumnya Team MTCC menyampaikan bahwa masih banyak hal yang harus dikerjakan oleh pemerintah Kabupaten Bantul dalam menciptakan kawasan tanpa rokok maka dari itu kami akan selalu berupaya dengan pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan RI mendorong dan membantu agar tercapainya kesehatan, pengendalian dan pencegahan penyakit akibat prilaku merokok dan paparan asapnya khususnya bagi Masyarakat Kabupaten Bantul.

Supriyatiningsih, Sp. OG., M. Kes dan Resti Yulianti, S.Kep., Ns., M. Kep., Sp.MB. (MTCC-UMY) menuturkan bahwa kami saat ini sudah melakukan upaya semaksimal mungkin dalam membantu Pemerintah Kabupaten Bantul menerapkan kawasan tanpa rokok. Ada beberapa yang harus dievaluasi dalam menerapkan Kawasan Tanpa Rokok yang lebih komprehensif dan maksimal di Kabupaten Bantul, kami mendorong Pemerintah Daerah (Pemkab) untuk segera Mengundangkan Peraturan Daerah (Perda) mengenai Kawasan Tanpa Rokok (KTR) agar seluruh aspek lapisan masyarakat lebih terjamin hak dan kewajibannya sebeb Peraturan Bupati mengenai Kawasan Tanpa Rokok sebelumnya masih sangat masif dalam pelaksanaan dan penerapan Kawasan Tanpa Rokok. Kebutuhan pembuatan Perda KTR tersebut sejalan dengann apa yang sudah diupayakan oleh Pemkab Bantul.

Kami sangat mengapresiasi atas komitmen dari bapak Bupati Kabupaten Bantul dalam mengendalikan iklan luar ruangan produk tembakau (rokok) di Kabupaten Bantul, hal tersebut sejalan dengan hasil riset kesehatan dasar kementerian kesehatan Republik Indonesia bahwa terjadi peningkatan prevalesni merokok anak dibawah umur untuk itu diperlukannya instrumen hukum yaitu perda dalam memaksimalkan penerapan kawasan tanpa rokok dan pengendalian iklan rokok dikabupaten Bantul agar mengurangi angka keasakitan akibat merokok nan menekan angka perokok pemula. Kami MTCC-UMY dan Kementerian Kesehatan akan terus berupaya dan membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul untuk menciptakan kesehatan yang jauh lebih baik kedepannya.