Ilustrasi+Bahaya+Merokok1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rokok bukan hanya membahayakan si perokok itu sendiri namun orang-orang yang berada di sekitar perokok dan menghirup asap rokok jauh lebih berbahaya di bandingkan perokok aktifnya. Perokok pasif berbahaya karena menghirup dua jenis asap rokok yaitu asap sampingan dan asap utama. Asap sampingan merupakan asap rokok yang berasal dari pembakaran rokok itu sendiri sedangkan asap utama merupakan asap yang berasal dari hembusan asap yang si perokok aktif tesebut.

Apa bahaya kesehatan untuk perokok pasif?

KANKER

Terdapat sedikitnya 50 zat karsinogen yang di hirup oleh perokok pasif baik berasal dari asap sampingan maupun asap utama. Zat karsinogen ini merupakan salah satu penyebab kanker pada manusia. Pada sebuah penelitan uang di lakukan di Amerika Serikat, bukan perokok yang tinggal serumah dengan perokok memiliki peningkatan 20-30% resiko untuk mengalami kanker paru di bandingkan mereka yang tidak tinggal dengan perokok. Sebuah perkiraan menyebutkan sekitar 3.400 kematian akibat kanker paru di Amerika Serikat di sebabkan merokok pasif.

PENYAKIT KARDIOVASKULAR

Bahkan menghirup asap rokok dalam waktu yang singkat memberi pengaruh langsung kepada sistem kardiovaskular, menganggu fungsi normal dari darah, jantung dan sistem vaskular sehingga semakin meningkatkan resiko untuk terkena serangan jantung.

WANITA HAMIL BERESIKO MELAHIRKAN BBLR

Wanita hamil yang menghirup asap rokok atau tinggal serumah dengan perokok aktif beresiko untuk melahirkan bayi berat badan lahir rendah di bandingkan ibu hamil yang tidak terpapar asap rokok.

SINDROM KEMATIAN MENDADAK PADA BAYI (SIDS) DAN PNEUMONIA

 Asap rokok yang di hirup oleh bayi maupun anak akan mengiritasi saluran pernapasan sehingga akan menimbulkaan ISPA, pneumonia, serts memperberat asma yang di alami oleh anak. Selain itu, Bayi yang terpapar asap rokok juga beresiko tinggi mengalami sindrom kematian mendadak (SIDS)