IMG_6372

Bem UMY yang didukung oleh Muhammadiyah Tobacco Control Center (MTCC) UMY mengadakan seminar nasional kesehatan dengan tema pencegahan HIV/AIDS, narkoba dan rokok. Acara yang diadakan di sportorium ini mendatangkan beberapa pembicara yaitu Kombes.Pol. Soetarmono D. S., B.SC., S. E., M. Si sebagai kepala BNNP DIY, dr. Inu Wicaksonp, Sp. KJ, MMR, dr. Ida Rochmawati, Sp. KJ,M. Kes dan dr. Rizal Alaydrus, Minggu, (27/12).

Seminar yang dimoderatori oleh Dianita Sugiyo, S.Kep, NS, MHID dan dr. Oryzati Hilman Agrimon, MSc, CMFM, PHD untuk meningkatkan pngetahuan remaja mengenai fakta dan mitos tentang rokok dan bahaya yang ditimbulkan oleh rokok serta bahaya narkoba dan HIV/AIDS. Selain itu untuk mengantisipasi kenakalan remaja yang semakin meningkat.

Dalam acara seminar nasional kesehatan ini dokter inu membawa salah satu pasiennya yang menjalani rehabilitas karena candu narkoba yaitu Dimas. Dimas memaparkan pengalamnnya dari awal ia mencoba narkoba hingga perjuangannya selama bertahun-tahun untuk berhenti dari narkoba hingga saat ini ia berhaasil menjadi sarjana psikologi.

Pengumuman pemenang lomba essay Kawasan Tanpa Rokok juga menjadi salah satu runtutan acara dalam seminar kesehatan nasional. Lomba esay dimenangka oleh Agus Arianto dari fakultas pertanian. Ia mengangkat judul Mewujudkan Generasi Muda tanpa Rokok. “ saat ini bukan lagi masanya mendambakan generasi tanpa rokok, tetapi sudah saatnya melakukan tindakan untuk mewujudkan genarasi tanpa rokok”, tutur Agus sebagai pemenang lomba essay Kawasan Tanpa Rokok.

Acara seminar nasional kesehatan yang bertemakan pencegahan HIV/AIDS, narkoba dan rokok ini diakhiri oleh dr. Rizal Alaydrus sebagai pembicara terakhir. Dokter Rizal membawakan materi mengenai pergaulan bebas dan sedikit membahas HIV/AIDS dan narkoba.

By Dita