Berhenti merokok bukan suatu ketidakmungkinan meski anda adalah seorang pecandu nikotin yang berat. Berikut ini MTCC mencoba memberikan beberapa tips untuk membantu anda lepas dari kecanduan nikotin yang di ambil dari berbagai sumber yang sudah terbukti ampuh bagi mereka yang memang berniat untuk berhenti merokok.

Deklarasikan niat 

Dengan mendeklarasikan niat anda kepada orang lain terutama orang-orang terdekat anda akan membantu mengingat anda ketika godaan nikotin mulai menghampiri anda kembali. Se;lain itu, akan ada perasaan malu dalam diri anda untuk menyentuh rokok tersebut karena anda telah mendeklarasikan niat anda kepada orang lain yang secara otomatis alam bawah sadar anda juga akan ikut membantu anda menghindari rokok tersebut.

Hindari teman yang masih aktif merokok

Hal ini bukan berarti anda membatasi pertemanan yang anda miliki hanya saja demi menyelamatkan niat baik anda. Tetap bergaul dengan teman yang masih aktif merokok anda akan kesulitan untuk lepas dari kebiasaan merokok karna mereka akan terus mempengaruhi anda untuk terus merokok sehingga anda akan kesulitan untuk lepas dari  godaan nikotin.

Buat jadwal harian

Dengan membuat jadwal harian maka hidup anda akan lebih tertata sehingga anda tidak punya waktu luang untuk memikirkan untuk merokok karna hidup anda lebih tertata dengan jadwal kegiatan yang sudah anda buat. Tapi perlu di ingat bahwa di butuhkan komitment yang tinggi untuk mematuhi apa yang telak ada buat.

Cari kesibukan 

Dengan memiliki banyak kesibukan, anda tidak memiliki waktu untuk merokok. Pilih aktivitas atau kesibukan yang benar-benar anda sukai sehingga anda akan menikmati kegiatan anda. pada awal kegiatan mungkin akan terasa berat sehingga lagi-lagi komitmen yang kuat menjadi landasan untuk bisa terhindar dari godaan nikotin tersebut.

Cari partner/komunitas

partner/komunitas yang di maksud di sini adalah orang juga sama-sama ingin lepas dari pengaruh nikotin sehingga anda tidak merasa berjuang sendirian. komintas atau partner ini juga bisa menguatkan anda bahwa pilihan yang sudah anda tetapkan merupakan pilihan yang tepat. dengan adanya dukungan dari pihak lain harapannya anda benar2 dapat terlepas dari godaan nikotin.

Cari aktivitas setelah makan

Menurut sebagian besar pecandu rokok, godaan terbesar untuk merokok yaitu setelah makan karna mulut akan terasa sangat tidak enak jika tidak merokok setelah makan dan makanan yang di konsumsi juga akan berkurang kenikmatannya jika tidak merokok sesudahnya. padahal, ini hanyalah sugesti dari si perokok itu sendiri. Oleh karena itu, sebaiknya anda mencari kesibukan lain setelah makan misalnya mengobrol dengan orang lain, mengunyah permen atau mengganti rokok dengan buah.

No TOLERANSI!

Katakan tidak pada sebatang rokok! Jangan biarkan diri anda untuk mentoransi sebatang rokok pun karna sekali anda memberikan toleransi makan apa yang sudah anda upayakan untuk berhenti merekok akan sia-sia dan anda harus mengulangi semua usaha anda yang sudah anda lakukan. Mulailah berhenti merokok dari sekarang!

Tetapkan target waktu

Tetapkan target waktu untuk mengetahui hasil dari usaha yang sudah anda lakukan selama ini dan jangan luypa berikan reward untuk diri anda sendir misal dengan libvuran atau makan di tempat favorit anda. Tapi jangan memberikan reward diri anda dengan sebatang rokok karna semua usaha anda akan sia-sia.

Demikian beberapa tips yang dapat kami berikan dan semoga bermanfaat untuk anda semua. Hal yang paling penting dari usaha berhentoi merokok ini adalah NIAT.

semoga berhasil :)