IMG_20151218_083653

Dinas ketertiban Yogyakarta menyelenggaraka Deklarasi Jogja tertib Rokok. Sejumlah komunitas tobacco control turut serta meramaikan acara Deklarasi ini yaitu Implementasi peraturan walikota (perwali) No.12 Tahun 2015 tentang Kawasan Tanpa Rokok, Jum’at (18/12).

Deklarasi Gerakan Jogja Tertib Rokok tersebut diisi dengan membagikan kaos dan pin Jogja Tertib Rokok. MTCC turut serta dalam acara tersebut dengan membagikan stiker Kawasan Tanpa Rokok kepada peserta ratusan peserta yang hadir.

Ada tiga poin yang dideklarasikan dalam acara ini yaitu Jogja tertib merokok, Jogja tertib membuang punting rokokdan Jogja tertib cukai rokok. “dengan adanya deklarasi ini diharapkan para perokok aktif bisa menghormati mereka yang tidak merokok” ujar Mondan Saragih, sebagai ketua umum dalam acara Deklarasi tersebut.

Pembacaan Deklarasi warga kota Yogyakarta mendukung kota Yogyakarta sebagai Kawasan Tanpa Rokok pun menjadi bagian dari acara tersebut. Isi dari deklarasi tersebut antara lain warga kota Yogyakarta siap berkomitmen untuk:
1. Mendukung pelaksanaan Perwal No 12 tahun 2015 tentang kawasan Tanpa Rokok
2. Mendukung DPRD KOTA Yogyakarta untuk segera membahas Raperda KTR yang lebih komprehensif untuk melindungi kesehatan warga
3. Meminta kepada warga yang masih merokok untuk menghormati warga lain yang tidak merokok dengan :
a. Merokok dengan tertib di tempat yang telah ditentukan
b. Tidak membuang puntung rokok sembarangan
c. Mendukung gerakan memberantas pembelian rokok ilegal yang bercukai palsu
4. Mendukung Kota Yogyakarta sebagai kota ramah anak
5. Dari kampung bebas asap rokok kita wujudkan, kota Yogyakarta sebagai kawasan tanpa rokok

Usai pembacaan Deklarasi dilanjutkan dengan tanda tangan persetujuan Jogja Tertib Rokok yang diawali oleh bapak walikota Haryadi Suyuti dan diikuti oleh seluruh peserta Jogja Tertib Rokok. Deklarasi ini menghimbau masyarakat untuk peduli terhadap ketertiban rokok dan seluruh masyarakat diharapkan bisa mendukung gerakan Jogja Tertib Rokok ini.

By : Dita