.......

Desiminasi Hasil Penelitian Persepsi Petani dan Mantan Petani Tembakau terhadap Pertanian dan Pengendalian Tembakau

MTCC telah melakukan survei mengenai persepsi petani dan mantan petani tembakau tehadap pertanian dan pengendalian tembakau dengan beranggotakan Universitas Muhammadiyah (UM) Yogyakarta, UM Magelang dan UM Mataram. Survei dilakukan di tiga provinsi penghasil utama tembakau Indonesia yakni Jawa Timur, Jawa Barat dan Nusa Tenggara Barat. Survei dilakukan dalam periode Juni-Juli 2015.

Muhammadiyah Tobacco Control Center mengdakan diskusi publik soal Diseminasi Hasil Penelitian Persepsi Petani dan Mantan Petani Tembakau terhadap Pertanian dan Pengendalian Tembakau, Jakarta(28/10).

Dalam penelitian ini MTCC mengumumkan hasil survei petani tembakau dan mantan petani tembakau di tiga provinsi sebagai penghasil utama tembakau di Indonesia yaitu Jawa Tengan, Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat. Hasil dari penelitian ini, baik petani tembakau maupun mantan petani tembakau meyakini bahwa merokok bukanlah hal yang menguntungkan justru sangat merugikan.

Fauzi sebagai peneliti petani tembakau maupun mantan petani tembakau mengungkapkan bahwa pertanian tembakau bukan bisnis yang menguntungkan. Petani tembakau sangat bergantung pada cuaca dan dimonopoli oleh industri rokok.

Berdasarkan penelitian tersebut, ada sekitar 33,7 persen mantan petani tembakau yang lebih berhasil ketika menjalani bisnis tanaman lain. Proporsi yang signifikan dari petani tembakau saat ini, menunjukan adanya untuk beralih ke pertanian nontembakau.

Pemberitaan diskusi ini juga dimuat di beberapa media online maupun media cetak surat kabar harian. berikut link media yang memeberitakan diskusi publik soal Diseminasi Hasil Penelitian Persepsi Petani dan Mantan Petani Tembakau terhadap Pertanian dan Pengendalian Tembakau.
http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/15/10/28/nwxb5d382-muhammadiyah-sarankan-pemerintah-perkuat-pengendalian-tembakau
http://nasional.tempo.co/read/news/2015/10/29/058714017/alasan-tata-niaga-tembakau-tak-lagi-menggiurkan
http://www.thejakartapost.com/news/2015/10/28/ri-farmers-support-tougher-tobacco-control-study-says.html
http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/umum/15/10/29/nwxxpb359-pemerintah-dinilai-belum-serius-kendalikan-epidemi-tembakau-di-indonesia
http://www.republika.co.id/berita/koran/hukum-koran/15/10/29/nwyzdz1-kendalikan-produksi-tembakau
http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/makro/15/10/28/nwxat2382-hasil-survei-ini-buktikan-bertani-tembakau-tak-menguntungkan
Surat kabar harian Kedaulatan Rakyat senin, 02 November 2015
Surat kabar harian Kompas Kamis, 29 Oktober 2015
Surat kabar harian Tribun Kamis, 29 Oktober 2015
Surat kabar harian Tempo, Kamis 29 Oktober 2015