Keracunan Asap Rokok/TATI PURNAWATI/PR
Dua dari enam siswa SMA 1 Sukahaji yang mengalami keracunan asap rokok sedang menjalani perawatan di ruang Instalasi Rawat Gawat Darurat RSUD Majalengka, Jumat , 13 Januari 2017. Mereka diduga keracunan asap rokok, namun untuk memastikan penyebab sakitnya mereka pihak medis akan melakukan tes urine untuk seluruh pasien dengan 5 parameter.*

 

MAJALENGKA, (PR).- Enam siswa SMA 1 Sukahaji, Desa Sukahaji, Kecamatan Sukahaji keracunan asap rokok, Jumat 13 Januari 2017. Bhkan empat orang diantaranya harus mendapatkan penanganan di RSUD Majalengka karena kondisi fisiknya yang memprihatinkan, tensi lemah hingga tak terdeteksi, penurunan kesadaran, serta syok.

Keenam siswa korban asap rokok tersebut duduk dibangku kelas 12. Mereka adalah Aldi, Rizal yang ditangani di Puskesmas Sukajahi. Kemudian Dede, Linggih, Fahri serta Saidi dirujuk ke RSUD Majalengka.

Belum diketahui secara pasti apa penyebab keracunan yang diderita ke enam siswa tersebut. Pihak Rumah Sakit masih akan melakukan pemeriksaan terhadap urine setiap pasien, yang kesemuanya diduga keracunan asap.

Sementara para siswa sendiri masih enggan menceritakan dengan jelas apa yang menyebabkan mereka tak sadarkan diri hingga masuk Rumah Sakit. Hanya sebagian dari mereka mengaku usai mengisap rokok yang dilakukan secara bergiliran di kantin sekolah.

Dokter Puskesmas Sukahaji, Irawan, mengatakan, keenam pasien ketika tiba di Puskesmas kondisi fisiknya lemah, semua seperti mengigau dan berbicara ngawur, nyanyi-nyanyi, ada pula yang disertai muntah-muntah.

“Dua siswa kondisinya membaik dan bisa pulang, empat kami rujuk karena kondisinya serius tidak mungkin ditangani di Puskesmas,” kata Irawan.

Salah seorang siswa Rizal menyebutkan, dia mulai merasakan pusing dan mual tak terhingga setelah diberikan rokok dari salah seorang temannya untuk di coba dihisap, tak lama kemudian dia merasakan pusing dan mual serasa ingin muntah namun tidak keluar.

“Tadi sekitar jam 8 an, kami kumpul di kantin, kemudian ada menghisap rokok yang dibawa teman setelah itu mual dan terasa ingin muntah, hingga tak ingat apa yang terjadi,” ungkap Rizal ditemui di Puskesmas Sukahaji usai menjalani pengobatan. Belum diketahui darimana rokok yang mereka hisap berasal.***

 

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/2017/01/13/enam-siswa-keracunan-asap-rokok-390539