Helmi Ade Saputra – Okezone

SENIN, 29 SEPTEMBER 2014 10:14 wib

detail berita

Imbauan pemerintah pada Hari Jantung Sedunia (Foto: Thehealthsite)
HARI ini merupakan peringatan Hari Jantung atau World Heart Day di seluruh dunia. Peringatan WHD bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat dunia terhadap pencegahan penyakit jantung, termasuk di Indonesia.

Direktur Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan RI, Dr Ekowati Rahajeng, SKM, M.Kes mengatakan, sesuai tema WHD tahun ini, yakni Heart Healthy Environment, terdapat beberapa himbauan kepada masyarakat terkait masalah kesehatan jantung.

“Sesuai tema tahun ini, maka kami mengimbau Kawasan Tanpa Rokok diterapkan dengan baik di tujuh tatanan, yakni di fasilitas kesehatan, tempat belajar, tempat ibadah, tempat umum, tempat bermain anak, tempat kerja, dan dalam rumah,” ujarnya kepada Okezone melalui pesan pendek, Senin (29/9/2014).

Selain Kawasan Tanpa Rokok, penyakit jantung juga berhubungan dengan gaya hidup tidak sehat, termasuk dari pola makan. Karenanya, pemerintah akan terus mendorong industri makanan olahan dan makanan siap saji menerapkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 30 tahun 2013.

“Yakni tentang pencantuman kadar gula, garam, lemak, dan pencantuman pesan kesehatan pada label makanan. Kemudian mendorong ketersedian sarana olahraga dan lain-lain,” tuturnya.

Untuk diketahui, isi pesan kesehatan pada label makanan tersebut kurang lebih seperti ini, “Konsumsi gula lebih dari 50 gram, natrium lebih dari 2.000 mg, atau lemak total lebih dari 67 gram per orang berisiko hipertensi, stroke, diabetes, dan serangan jantung.” (fik)