Bahaya kesehatan perokok

Berikut ini Inti Bahaya Merokok Bagi kesehatan

  1. Putus haid awal
  2. Melahirkan bayi yang cacat
  3. Keguguran bayi
  4. Bronkitis
  5. Batuk
  6. Penyakit ulser peptik
  7. Emfisima,
  8. Otot lemah
  9. Penyakit gusi
  10. Kerusakan mata
  11. Kanker perut
  12. Kanker usus dan rahim
  13. Kanker mulut
  14. Kanker Esofagus,
  15. Kanker tekak,
  16. Kanker pankreas
  17. Kanker payudara
  18. Kanker paru-paru
  19. Penyakit saluran pernafasan kronik
  20. Stroke
  21. Tulang keropos atau yang dikenal dengan osteoporosis
  22. Penyakit jantung
  23. Kemandulan

Penyakit-penyakit tersebut terjadi akibat kebiasaan buruk jangka panjang. Apabila merokok telah menjadi kebiasaan yang saat ini telah dilakukan oleh banyak pelajar dan remaja dibawah umur, maka bahaya jangka panjang merokok akan mengintai masa depan mereka.

Perokok berat merasa sulit untuk menghentikan kebiasaan merokoknya, hal ini menjadi fatal karena mereka telah kecanduan untuk menikmati rokok setiap saat. Mereka juga kemungkinan kesulitan berhenti walau dipaksa oleh penyakit yang menggerogoti tubuhnya. Oleh karena itu, di Indonesia sendiri telah banyak didirikan lembaga swadaya masyarakat untuk membantu para perokok menghentikan kebiasaan buruknya dengan konsultasi aktif dan kegiatan yang lebih menyehatkan lainnya agar mampu menjauhkan paku kematian tersebut dari hidupnya.

Pastinya, kita semua ingin masa depan generasi muda penerus Indonesia lebih aktif, sehat dan kuat untuk membangun bangsa lebih baik lagi. Oleh karena itu, mari kita lindungi diri kita dan keluarga kita dari bahaya merokok yang sangat merusak dalam jangka panjang.

Zat di dalam rokok yang paling membahayakan adalah Tar, Nikotin dan Karbon Monoksida. Oleh karena itu, berhati-hatilah karena perokok aktif dekat sekali dengan narkoba, mengingat zat nikotin dalam setiap batang rokok menyebabkan kecanduan – dan hal ini masih ditutup-tutupi oleh industri rokok dan tembakau. Itulah mengapa sebagian besar perokok berat mengalami ketagihan menghisap rokok. Bagi perokok berat dapat menghabiskan rokok hingga 2 bungkus perhari.

Dalam sebatang rokok, terdapat lebih dari 4 ribu zat kimia, dua ribu diantaranya dinyatakan berbahaya bagi kesehatan manusia. Dalam sebatang rokok terdapat bahan radioaktif (polonium-201) dan bahan-bahan yang digunakan di dalam cat (acetone), pencuci lantai (ammonia), ubat gegat (naphthalene), racun serangga (DDT), racun anai-anai (arsenic), gas beracun (hydrogen cyanide) yang digunakan di “kamar gas maut” bagi penjahat yang menjalani hukuman mati, serta masih banyak lagi. Bayangkan jika Zat-zat tersebut masuk ke dalam tubuh kita sehari-hari dan terakumulasi menjadi racun yang mematikan.