Muhammadiyah Tobacco Control Center (MTCC) kembali menunjukkan aksi kepeduliannya terhadap masalah kesehatan masyarakat terutama yang diakibatkan oleh rokok. Pada hari Senin, 26 Agustus 2013, beberapa staff MTCC mengikuti karnaval dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI ke 68 yang diadakan oleh pemerintah daerah Bantul. Dalam karnaval ini, MTCC bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul.
Karnaval dibuka secara resmi oleh Bupati Bantul, Sri Suryawidati. Kegiatan ini merupakan acara tahunan yang digelar pihak Pemda Bantul. Dalam kesempatan ini, karnaval diikuti oleh lebih dari 40 kelompok yang meliputi kelompok dinas yang ada di bawah pemda bantul, sekolah, tim SAR Parang Tritis, Kelurahan maupun Kecamatan di wilayah Bantul.
MTCC dan Dinas Kesehatan Bantul membawa pesan kesehatan yang diwujudkan dalam beberapa seni instalasi. Inti dari pesan kesehatan yang dibawa adalah mengingatkan kembali kepada masyarakat akan bahaya dari penggunaan rokok, baik bagi perokok sendiri maupun orang lain di sekitar perokok. Peserta karnaval yang terdiri dari staff Dinkes Bantul, staff MTCC dan mahasiswa dari Fakultas Kedokteran dan kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengusung berbagai macam pesan kesehatan melalui berbagai macam leaflet dan stiker yang dibagikan untuk warga.
Pada karnaval kali ini, MTCC dan Dinkes Bantul memperlihatkan akibat dari merokok, yang digambarkan dengan sebuah patung. Patung ini menggambarkan organ-organ tubuh manusia yang rusak akibat rokok. Mereka juga mengingatkan bahwa bahaya rokok dapat mengakibatkan berbagai penyakit berbahaya hingga kematian, yang disimbolkan dengan sebuah keranda rokok.

Karnaval Kemerdekaan RI Kabupaten Bantul, Hidup sehat tanpa rokok.