Ketua MPR bertemu dengan MTCC UMY

(Ketua MPR bertemu dengan MTCC UMY)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Metrotvnews.com, Jakarta: Jumlah perokok di kalangan anak-anak dan remaja terus meningkat dari tahun ke tahun. Salah satu pemicu anak-anak dan remaja tergoda merokok karena iklan yang dipasang di berbagai media.

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menyayangkan hal tersebut. Anak dan remaja tidak boleh dibiarkan merokok karena bisa berdampak buruk terhadap masa depan bangsa. Terutama karena rokok memicu berbagai penyakit.

Tak cuma penyakit, rokok juga menimbulkan masalah lain.

“Mulai dari kemiskinan, pendidikan, hingga sosial,” ujar Zulkifli Hasan, ketika bertemu muka dengan Muhammadiyah Tobacco Control Center (MTCC) dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, di Kompleks Parlemen Gedung Nusantara III DPR/MPR-DPD RI, Jakarta, Selasa (16/2/2016).

Dijelaskan Zulkifli, larangan pengguna rokok harus dipertegas.

“Sebab, rokok berkontribusi terhadap kebodohan dan kemiskinan. Buktinya banyak orang tua yang tidak bisa membeli buku dan susu bagi anak-anaknya, tapi terus membeli rokok setiap hari,” kata Zulkifli.

Dalam upaya pencegahan pemakaian rokok di usia muda, Zulkifli berjanji akan terus mendukung upaya pelarangan rokok. Dia akan meminta Fraksi PAN menolak upaya-upaya pembuatan UU terkait pelestarian tembakau. Sebab, UU demikian hanya menguntungkan pengusaha rokok.

“Kita harus terus mengampanyekan larangan merokok, meski usaha ini tidak akan mudah. Sebab, pengusaha rokok juga melakukan rupa-rupa cara agar bisnis mereka bisa terus berjalan,” jelasnya.

MTCC sekaligus menyampaikan kepada Zulkifli tentang hasil penelitian yang dilakukan terkait persoalan tembakau.

Penelitian berjudul Persepsi Petani Tembakau dan Mantan Petani Tembakau Terhadap Pertanian Tembakau serta Pengendalian Produk tembakau di Indonesia, dilakukan di tiga daerah produsen tembakau. Ketiga daerah tersebut, yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat.

Dalam penelitian ini di dapatkan hasil bahwa baik para petani maun mantan petani tembakau menyakini bahwa merokok merupakan hal yang sangat merugikan. Selain itu, para petani dan mantan petani tembakau juga menyatakan bahwa pertanian tembakau bukan bisnis yang menguntungkan dan mereka sangat mendudkung gerakan pemerintah untuk membuat peraturan tentang pengendalian tembakau.

Sumber: http://m.metrotvnews.com/read/2016/02/16/485303