KTR

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Peraturan daerah Gunung Kidul tentang KTR (Kawasan Tanpa Rokok) baru akan di terapkan pada bulan Juli mendatang. Namun, saat ini sudah terdapat puluhan dusun di Gunung Kidul yang sudah mulai menerapkan kawasan tanpa rokok saat ini tanpa harus menunggu bulan Juli.

Lokasi kawasan tanpa rokok meliputi lingkungan di dalam rumah, di dalam kendaraan, dan di tempat ibadah. Selain itu, beberapa lokasi yang dijadikan tempat kegiatan seperti acara hajatan, pengajian, dan takziah siapapun dilarang untuk menyalakan puntung rokok.

Menurut bapak Ismono selaku Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinas Kabupaten Gunungkidul, dusun yang menerapkan KTR saat ini masih tergolong kecil karena hanya sekitar 71 dusun dari  1432 dusun yang ada di Gunung Kidul. Namun, beliau berjanji akan mengupayakan agar lebih banyak dusun yang menerapkan KTR untuk kedepannya demi kesehatan masyarakat Gunung Kidul itu sendiri.

Untuk diketahui, Peraturan Daerah tentang KTR diatur dalam perda no 7 tahun 2015 tentang kawasan tanpa rokok yang akan diterapkan mulai 1 Juli mendatang. Berdasarkan perda Gunungkidul Nomor 7 tahun 2015, pasal 25 ayat (2) Bagi setiap orang yang merokok di KTR sebagaimana yang disebutkan dalam pasal 6 diancam pidana denda paling banyak Rp500 ribu.

 

Sumber: http://m.harianjogja.com/baca/2016/03/28/aturan-merokok-aturan-baru-akan-ditetapkan-juli-puluhan-dusun-sudah-terapkan-duluan-704888?utm_source=dlvr.it&utm_medium=facebook