Jumat-Minggu (25-27 November 2016) telah digelar Konferensi Pertembakauan atau Kesehatan Indonesia yang ke-3 (ICTOH)  dengan tema Suarakan Kebenaran Selamatkan Generasi Bangsa yang digelar di Hotel Sheraton Yogyakarta. Konferensi yang diselenggarakan oleh Kmenterian Kesehatan RI dan Tobacco Control Support Center- IAKMI (TCSC-IAKMI) ini, mempertemukan berbagai pihak yang peduli pada upaya pengendalian tembakau di Indonesia menuju generasi muda bebas tembakau.

Acara dibuka oleh Menteri Kesehatan RI yang diwakilkan oleh dr. M. Subuh MPPM (Dirjen P2P Kementerian Kesehatan). Beliau memaparkan bahwa Indoensia termasuk dalam 4 besar perokok terbanyak  di dunia setelah India, Cina dan Rusia. Saat ini  perokok di Indonesia untuk kalangan remaja sudah mencapai 40%. Himbauan dari dr. Subuh adalah untuk lebih menegaskan Kawasan Tanpa Rokok di Fasilitas Kesehatan dan Fasilitas Pendidikan. Adapun upaya untuk hidup sehat dilakukan dengan CERDIK, yaitu Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan Asap Rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet Seimbang, Istirahat Cukup dan Kelola Stress.

Kegiatan konferensi tembakau yang dilakukan selama 3 hari tersebut menghadirkan pembicara dalam Panel 1 Pengendalian Tembakau, Kesehatan dan Pembangunan Berkelanjutan yaitu dr. Sumarjati Arjoso, SKM sebagai Moderator, Dr. Ifdal Kasim Komisioner Komnas HAM Periode 2007-2012, Tara Singh Bam, Ph.D Deputy Regional The Union Asia Pacific, Prof. Dr. Anhari Achadi,Sc.D Guru Besar FKM UI. Dalam kegiatan ini juga dihadiri kalangan Pemerintah, Akademisi, Organisasi Profesi, Organisasi Kemasyarakatan, Peneliti, Mahasiswa, Media dan masyarakat, guna mengkaji berbagai isu seputar pengendalian tembakau secara komprehensif, sebagai upaya investasi jangka panjang di berbagai bidang di Indonesia yang peduli dengan Tobacco Control.

MTCC UMY sempat disebutkan dalam serangkaian acara ICTOH yaitu pada pertemuan Aliansi Bupati Walikota dengan tema “Peran Pemerintah Daerah dalam Melindungi Generasi Muda dari Bahaya Rokok dan Napza”. Bupati Kulon Progo, dr. Hasto yang sekaligus sebagai moderator dalam acara tersebut mengatakan bahwa selama ini partner yang mendukung KTR di Kulon Progo salah satunya adalah MTCC UMY besama The Union. (ak/sof)