TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Tingginya tingkat korupsi dan konsumsi rokok di Indonesia sudah meresahkan. Sudah banyak kasus korupsi yang membuat masyarakat mengelus dada.

Selain itu, sudah banyak korban yang berjatuhan akibat bahaya rokok.

Atas dasar kepedulian masa depan bangsa, maka digelarlah Orasi Kebudayaan tentang bahaya korupsi dan rokok.

Dengan tema Orasi Kebudayaan, Korupsi, Rokok dan Harapan Atas Masa Depan Bangsa acara tersebut terselenggara berkat kerjasama Social Movement Institue (SMI) dan Center of Local Law Development Studies (CLDS) Universitas Islam Indonesia (UII) pada (30/7/2016) di Auditorium Fakultas Hukum UII, jalan Taman Siswa, Yogyakarta.

Menurut Fai Ketua Panitia Orasi Kebudayaan, menyebutkan acara tersebut merupakan puncak acara dari rangkaian lomba mural memperingati satu tahun meninggalnya Robby.

Acara tersebut merupakan kampanye anti rokok. Dengan contoh korban Robby, memperlihatkan bahwa bahaya rokok sangat nyata.

Dalam acara tersebut hadir penyair D Zawawi Imron berorasi tentang ancaman korupsi dan rokok. Selain itu hadir pula Dekan Fakultas Hukum UII Aunur Rohim,dan Direktur CLDS Jawahir Thontowi.

Selain orasi akan diumukan pemenang lomba mural tentang anti rokok yang menampilkan 19 mural karya peserta dari DIY dan Jawa Tengah. Mural tersebut dipamerkan di lingkungan kampus UII Fakultas Hukum. (*)

 

Sumber : http://jogja.tribunnews.com/2016/07/30/orasi-kebudayaan-korupsi-rokok-dan-harapan-atas-masa-depan