IKUTI SOSIALISASI: Para tokoh masyarakat kegiatan sosialisasi produk hukum daerah, di Ruang Kaloka Setda Kota Salatiga. (suaramerdeka.com/Moch Kundori)

SALATIGA, suaramerdeka.com – Bagian Hukum Setda Kota Salatiga menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Produk Hukum Daerah, kemarin di Ruang Kaloka Setda Kota Salatiga. Acara dibuka Asisten Pemerintahan Sekda Kota Salatiga Adhi Isnanto. Narasumber dari Dinas Perdagangan dan Dinas Kesehatan Kota Salatiga dan dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat yang terdiri dari ketua RW se-Kota Salatiga.

Dalam sambutannya, Adhi Isnanto menyampaikan, bahwa pengaruh rokok dan minuman beralkohol cukup mengkhawatirkan. Melalui sosialisasi dari Perda Nomor 6 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Kawasan Tanpa Rokok dan Perda Nomor 7 Tahun 2016 Tentang Pengawasan dan Pengendalian Peredaran dan Penjualan Minuman Beralkohol, diharapkan peserta yang merupakan tokoh masyarakat, dapat membantu Pemerintah Kota Salatiga untuk menyosialisasikan di lingkungannya masing-masing.

“Perda ini tidak akan bisa berjalan maksimal jika tanpa peran serta masyarakat. Pemerintah membuat Perda tentang Kawasan Tanpa Rokok sebagai payung hukum yang mengatur penyelenggaraan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) untuk memberikan jaminan perolehan lingkungan udara bersih dan sehat,” ujar Adhi Isnanto.

Hadir pula narasumber dari Dinas Perdagangan Kota Salatiga, Kasie Pemberdayaan dan pengembangan pasar tradisional, Sri Wisnu yang menyampaikan bahwa pelaku usaha minuman beralkohol harus memiliki izin usaha. Tentunya dengan persyaratan dan aturan yang berlaku. Di Kota Salatiga sendiri terdapat sembilan toko yang memiliki izin usaha tersebut.

Sri Wisnu juga menyampaikan kepada peserta sosialisasi untuk ikut mengawal perda ini dengan baik. Juga mampu menyosialisasikannya di lingkungan masing-masing.

“Pesan saya agar masyarakat mengonsumsi minuman yang sehat seperti susu daripada menikmati minuman beralkohol yang akan mengganggu kesehatan,” katanya.
(Moch Kundori/CN40/SM Network)

Sumber :http://berita.suaramerdeka.com/pemkot-salatiga-sosialisasikan-perda-minuman-beralkohol-dan-ktr/