sleman siapkan perda KTR

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KBRN, Yogyakarta: Kabupaten Sleman siap mengimplementasikan kebijakan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) lewat mekanisme Peraturan Daerah atau perda.

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun mengakui jika daerahnya sampai saat ini masih belum mengimplementasikan Perda Kawasan Tanpa Rokok KTR. Namun, wakil bupati yang baru beberapa bulan dilantik tersebut menjanjikan akan segera merealisasikan Perda KTR.

Kepada RRI saat Regional High Level Meeting untuk Implementasi Kawasan Tanpa Rokok di Hotel Hyatt Yogyakarta, Selasa (15/3/2016) Sri Muslimatun menyebutkan, pihaknya akan segera menyurati legislatif untuk segera kembali membahas Raperda KTR yang sempat terbengkalai.

“Sebetulnya raperda KTR itu sudah ada, sudah dibicarakan dan tinggal disahkan waktu itu, kemudian ada demo pada tahun 2013. Mudah-mudahan karena ini hampir semua kabupaten maka kita akan berkirim surat lagi dari eksekutif ke legislatif supaya segera disahkan, mungkin perlu paripurna sekali lagi,” terangnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua DPRD Gunungkidul Ngadiyono menuturkan secara perlahan-lahan Kabupaten Gunungkidul kini telah mulai berhasil mengimplementasikan KTR dengan baik.

Keberhasilan itu dimulai dari kesadaran untuk tidak merokok di ruang publik yang diterapkan Satuan Kerja Perangkat Daerah SKPD di lingkungan Pemkab.

“Berangkat dari kedinasan, jadi SKPD yang ada di Gunungkidul sekarang sudah mulai untuk tidak merokok dan tentunya kawasan yang dilarang seperti Rumah Sakit, sekolahan dan sebagainya punya konsekuensi yang khusus untuk tidak merokok,” tambah Ngadiyono.

Sebanyak 22 Kepala Daerah hadir dalam regional meeting yang diprakarsai Muhammadiyah Tobacco Crisis Center MTCC dan Pemkab Kulon Progo serta organisasi The Union. Pertemuan tersebut ditujukan untuk membahas impelementasi kebijakan KTR yang efektif di Indonesia dan melindungi masyarakat yang menjadi korban sebagai perokok pasif. (ROS/BSL)

Sumber:

http://www.rri.co.id/yogyakarta/post/berita/257243/sosial/sleman_siap_sahkan_perda_ktr.html