TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Kota Yogyakarta bersiap menjadi kota yang bebas asap rokok. Program pemerintah ini mendapat dukungan penuh, salah satunya adalah RW 03 Kelurahan Gunungketur.

Hendro Purnomo, Ketua RW 03 mengajak warganya untuk may menyukseskan kawasan bebas rokok.

“Kami melakukan sosialisasi dan juga membuat poster, baliho, stiker, dan kaos secara swadaya,” ungkap Hendro kepada Tribun Jogja, Selasa (1/9/2015).

Menurutnya, walaupun program dari pemerintah ini masih akan diserentakkan tahun depan, jika bisa dimulai dan dibiasakan dari sekarang, kenapa harus menunggu lama.

Deklarasi kawasan bebas asap rokok dibacakan pada 16 Agustus 2015. Isinya tentang tidak merokok di dalam rumah, tidak merokok di dalam ruang rapat atau pertemuan, tidak merokok di lingkungan sekolah atau instansi kantor.

“Kami sepakat untuk tidak merokok di tempat-tempat tersebut. Sejauh ini tidak Ada sanksi untuk warga yang belum menjalankan. Hanya saling mengingatkan dan juga kesadaran pribadi,” tutur pria yang telah menjabat Ketua RW sejak tahun 2008 ini.

Hendro mengungkapkan harapannya jika nanti kawasan bebas asap rokok INI dapat berkembang menjadi kawasan tanpa rokok.(tribunjogja.com)

 

Sumber: http://jogja.tribunnews.com/2015/09/01/swadaya-masyarakat-wujudkan-kawasan-bebas-asap-rokok