Sabtu, 9 November 2013, MTCC UMY mengadakan training Duta Anti Rokok bekerjasama dengan Ikatan Pelajar Muhammadiyah DIY. Acara tersebut ditujukan agar peserta Traininig Duta Pelajar Anti Rokok memahami akan pentingya menumbuhkan kesadaran anti rokok dilingkungan sekolah serta dapat membuat sebuah strategi tepat guna untuk mengkampanyekan anti rokok di kalangan pelajar.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di lingkungan Muhammadiyah, yang menyatakan bahwa merokok dapat merugikan kesehatan dan hukumnya haram merupakan usaha dari Muhammadiyah dalam memajukan dan meningkatkan masyarakat khususnya dalam bidang kesehatan. Fatwa haram tersebut berlanjut dengan adanya kesepakatan empat majelis Muhammadiyah yang tidak memperkenankan bagi tenaga kesehatan, pasien, tenaga pendidik, peserta didik, pengunjung dan pengelola untuk merokok di lingkungan Muhammadiyah.

Training Duta Anti Rokok MTCC UMY; wujudkan generasi sehat tanpa rokok

Mengingat pentingnya hal tersebut, maka Muhammadiyah Tobacco Control Center bekerjasama dengan Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta bermaksud untuk membentuk Duta Pelajar Anti Rokok yang akan secara aktif menegakkan kesepakatan dengan memasang spanduk, stiker dan menjadi juga konsultan teman sebaya tentang Kawasan Tanpa Rokok disetiap amal usaha dan kantor persyarikatan khususnya di lingkungan pendidikan Muhamamdiyah.

Training Duta Anti Rokok ini dihadiri oleh 52 pelajar dari seluruh DIY. Mereka mendapatkan bermacam materi; seperti advokasi  dalam pengendalian tembakau, tehnik komunikasi, serta kampanye kesehatan tanpa rokok melalui sosial media.