333_newcontentisi_4a

REKTORUniversitas Udayana Bali Ketut Suastika mewajibkan seluruh mahasiswa tidak merokok selama berada di kampus. Aturan itu akan dituangkan dalam pakta integritas atau kesepakatan bersama antara mahasiswa dan rektorat.
”Aturan itu akan diberlakukan kepada mahasiswa baru dan lama. Pakta juga akan mencantumkan sanksi bagi pelanggar pakta,” kata Suastika, di Denpasar, kemarin.

Selain di Universitas Udayana, kebijakan serupa juga akan ditularkan ke kampus-kampus lain di Bali. Suastika yang juga Ketua Forum Rektor se-Bali akan mengoordinasikannya dengan para rektor di Pulau Dewata.

Seorang mahasiswa, lanjut dia, dalam satu hari berada di dalam kampus sekurangnya selama 8 jam. Dengan tidak merokok selama itu, Suastika berharap bisa perlahan-lahan membuat mahasiswa meninggalkan kebiasaan buruk tersebut.

”Suatu saat nanti mahasiswa akan kembali ke masyarakat. Saat mereka sduah tidak merokok lagi, para mahasiswa itu akan menjadi pelopor bagi warga yang berniat berhenti merokok,” tandas Suastika. (N-3)

 

Sumber: http://www.mediaindonesia.com/misore/read/333/Universitas-Udayana-Menuju-Kampus-tanpa-Rokok/2015/02/16